Sabtu, 19 Oktober 2013

BAB I SATISTIKA ELEMENTER (resume)


A.    Pengertian statistik dan statistika
Statistik adalah kumpulan data, bilangan, maupaun non bilangan yang disusun dalam tabel atau diagram yang melukiskan atau mengambarkan suatu persoalan. Sedangkan statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan data, atau penganalisaannya dan penarikan kesimpulan berdasaarkan kumpulan data dan penganalisaan yang dilakukan. Statistika dipelajari diberbagai bidang ilmu kerana statistika adalah sekumpulan alat anlisis data yang dapat membantu penganbilan keputusan berdasarkan hasil kesimpulan pada analisis data dari data yang dikumpulkan. Selain itu, juga dapat meramalkan keadaan yang akan berdasarkan data masa lalu.
Statistika dibagi atas dua:
1.    Statistika deskriptif
Statistika deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi hanya mengenai data yang dipunyai dan sama sekali tidak menarik inferensial atau kesimpulan apapun tentang gugus data induknya yang lebih besar.Penyusunan tabel, diagaram, grafik, dan besaran- besaran lainya di majalah dan di koran-koran termasuk dalam kategori statistika deskriptif.
2.    Statistika inferensia
Statistika inferensia mencakup semua metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan gugus data indukinya.

B.     Data
Data adalah segala keterangan atau imformasi yang dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan yang benar dan nyata. Data statistik merupakan keterangan atau ilustrasi mengenai suatu hal bisa berbentuk kategori,misalnya: rusak, baik, senang, puas, berhasil, gagal, dan sebagainya, atau bisa berbentuk bilangan.
1.    Data yang berdasarkan sifatnya.
a.    Data kuantitatif adalah data yang berbentuk bilangan,  harganya berubah-rubah atau bersifat variabel. Dari nilainya dikenal dua golongan data yaitu;
Ø Data dengan variabel diskrit atau singkatnya data diskrit. Data diskrit merupakan hasil menghitung atau membilang. Contohnya:
-  Keluarga  A mempunyai 5 anak laki-laki dan 3 anak perempuan.
-  Kabupaten B sudah membangun 85 gedung sekolah.
Ø Data dengan variabel kontiniu atau singkatannya data kontiniu. data kontiniu merupakan data dari hasil pengukuran. Contoh
-  Luas daerah terbesar 425.7 km2
-  Kecepatan mobil 60 km/jam
b.    Data kulitatif adalah data yang berbentuk non bilangan atau data yang bukan kuantitatif. Data yang dikategorikan menurut lukisan. Golongan ini dikenal pula dengan nama atribut. Misalanya: sembuh, rusak, gagal,berhasil, dan sebagainya.
2.    Data yang diperoleh berdasarkan sumbernya
a.    Data intern adalah data yang diperoleh oleh peneliti. Contohnya pengusaha mencatat segala aktifitas perusahannya sendiri, misalnya keadaan pegawai, pengeluaran, keadaan barang di gudang, hasil jualan, keadaan produksi pabriknya, dan lain-lain aktifitas yang terjadi dalam perusahaan itu.
b.    Data ekstern.
Data ekstern adalah data dicari dari sumber lain untuk memperbandingkan dengan data intern. Misalnya diperlukan data dari sumber lain di luar perusahan tadi. Data ekstern terbagi dua diantaranya data ekstern primer atau disingkat dengan data primer. Data  primer merupakan data yang dikeluarkan dan dikumpulkan oleh perusahaan yang sama, sedangkan dalam hal lainya merupakan data sekunder.

c.    Data mentah
Data mentah adalah data yang baru dikumpulkan dan belum pernah mengalami pengelolaan apapun.
3.    Data menurut skala pengukuran
a.    Nominal sifatnya hanya untuk membedakan antara kelompok. Contohnya: jenis kelamin, jurusan dalam sekolah tinggi.
b.    Ordinal selain menunjukan nominal jugas menunjukan peringkat.
                 Contohnya: tingkat pendidikan, peringkat.
C.    Populasi dan sampel
1.      Populasi
Populasi adalah keseluruhan pengamatan yang menjadi perhatian baik terhingga maupun tak hingga. Banyaknya pengamatan atau anggota suatu populasi disebut ukuran populasi.
Contohnya: seandainya ada 600 orang siswa disekolah yang kita golongkan menurut golongan darahnya, maka dikatakan kita mempunyai populasi berukuran 600. Bilangan- bilangan yang dituliskan padaa sekumpulan kartu, tinggi badan penduduk di suatu kota, dan banyak ikan di sebuah danau adalah populasi terhingga. Percobaan pelemparan dadu disebut populasi tak hingga.
2.      Sampel
Sampel adalh suatu himpunan bagian dari populasi. Prosedur pengmbilan sampel yang menghasilkan kesimpulan konsisten terlalu tinggi atau terlalu rendah mengenai suatu ciri suatu populasi dikatakan berbias. Untuk menghilangkan bias ini, kita perlu mengambil sampel acak sederhana atau disebut sampel acak. Suatu contoh acak n sederhana adalah suatu contoh yang dipilih sedemikian rupa sehingga setiap himpunan bagian yang berukuran n dari populasi tersebut mempunyai peluang terpilih yang
sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar